Get Adobe Flash player

Biasakan Menanam Pohon Sejak Usia Dini

Usai libur puasa dan lebaran, kegiatan proses belajar mengajar kembali dilakukan. Di hari pertama masuk sekolah tanggal 19 Agutsus 2013, Kelompok Bermain Alam (KBA) Budi Utama menggelar kegiatan halal bi halal dengan orang tua murid dan di lanjutkan dengan menanam pohon.

Untuk kegiatan menanam pohon dilakukan oleh para murid dibantu orang tua masing-masing. Pohon yang ditanam pun tak terlalu besar yakni pohon jeruk purut dengan tinggi sekitar 20-30 cm yang ditanam di pot plastik.

Usai ditanam, pohon pun diberi pupuk organik guna menjaga kesuburan tanah dan pohon agar lekas tumbuh besar dan berbuah. Selanjutnya, pot plastik pun dihias dan diwarnai dengan menggunakan cat dan kuas warna kuning dan merah.

Selain dihias dengan berbagai motif sesuai kreasi anak, pot juga diberi identitas dengan nama jenis pohon dan nama murid. Misalnya, ditulis Jeruk Nabila atau Jeruk Bintang. Dengan ditulikan identitas nama murid, maka pohon tersebut juga resmi diadopsi sehingga memiliki pengasuh dan perawat setiap harinya.

 

Usai ditanam, siswa pun berkumpul di depan pot pohon jeruk masing-masing dan mulai menyirami pohon untuk pertama kalinya secara bersama-sama. Tak berhenti disitu, siswa pun diajak membacakan ikrar yang diucapkan secara serentak, yakni berjanji menjaga dan merawat pohon setiap hari agar dapat tumbuh besar dan segera berbuah.

"Usai ditanam, setiap harinya selesai belajar, para murid akan melakukan rutinitas menyiram pohon jeruk milik mereka masing-masing dengan air bersih. Ini dilakukan selama mereka belajar di KBA Budi Utama," kata Bunda Nita, salah satu pengajar KBA Budi Utama. (rizal)

Program Kami